tugas bab 3&4



 



AKADEMI MENEJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU


TUGAS INDIVIDU
PERANTI MASUKAN DAN PERANTI KELUARAN

NAMA    :  STEVI ANDRIANI                                
                                    STANBUK :  20171013
PEMBIMBING :
ACO LELE, S.KOM.,MM











PROGRAM DIPLOMA III (D-3)
PERMINATAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN AKUTANSI KOMPUTER
2017

BAB 1
PERANTI MASUKAN

PILIHAN GANDA
1.      Yang tidak tergolong sebagai peranti masukan berbentuk penunjuk:
2.      Peranti masukan yang umum digunakan dalam permainan dengan menggunakan komputer:
3.      Peralatan berbentuk papan yang dapat digunakan untuk membantu pemasukan data peta:
4.      Peranti yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk garis-garis yang umum terdapat pada barang ditoko-toko swalayan dinamakan:
5.      Peranti yang digunakan untuk membaca data partu kartu cek yang mengandung tinta magnetic disebut:
6.      Peranti yang dapat membaca jawaban peserta tes yang melingkari bulatan pilihan dengan pensil 2B disebut:
7.      Peranti yang dapat mengenali teks dalam suatu dokumen disebut:
8.      Peranti yang disebut DTMF:
9.      Sistem yang dapat mengenali suara seseorang:

ISIAN
1.      Sidik jari seseorang dapat dibaca dengan menggunakan peranti?
2.      Peranti penunjuk pada notebook yang berbentuk kotak datar dan pemakai dapat menggeserkan jari-jarinya ke peranti tersebut untuk memindahkan penunjuk pada layar dinamakan?
3.      Peralatan berbentuk monitor yang memungkinkan pemilihan tindakan dilakukan dengan cara menyentukan jari pemakai ke layar dinamakan?

URAIAN
1.      Berikan contoh penggunaan sensor.
2.      Sebutkan peranti masukan yang umum dipakai dalam virtual reality dan jelaskan kegunaan masing-masing.
3.      Bisakah image scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku sehingga bias diedit dengan pengolah kata semacam Word.

JAWABAN

PILIHAN GANDA
1.      (D). Touchtone
2.      (D). Joystick
3.      (B). Touch screen
4.      (A). Bar code reader
5.      (B). MICR
6.      (C). OMR
7.      (C). OMR
8.      (B). Touchtone
9.      (B). ASR

ISIAN
1.      Fingerprint reader atau pembaca sidik jari
2.      Touchpan
3.      Touch Screen (layar sentuh) adalah peranti penunjuk berupa mpnitor yang dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.

URAIAN
1.      Contoh pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detektor kecepatan laju kendaraan dijalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan arah angin yang mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga.
2.      Virtual reality yaitu:
-Headset adalaha peranti yang dipasang pada kepala,menutup mata, yang digunakan untuk menangkap dan mer ekam gerakan kepala, serta menanyakan berbagai mecam gambar ke mata pemakai.
-Glove berbentuk seperti sa  rung tangan digunakan untuk merekam jenis serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.
-Walker digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kaki, termaksut arah kaki berputar.
-Sensor adalah peranti yang dapat mengambil data  langsung dari lingkungan.
     3.    Image scanner atau dikenal dengan sebutan scanner saja, merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam tape/disk, atau diproses menjadi sesuatu dikehendaki pemakai. Sebagai contoh, dengan perangkat lunak tertentu OmniPage Pro (Caero Corp), hasil scanner dapat diubah menjadi dokumen dengan format pemroses dengan kata tertentu.



















BAB 4
PERANTI KELUARAN
PILIHAN BERGANDA
1.      Yang tidak termaksut hardcopy:
2.      Monitor yang menggunakan teknologi tabung hampa:
3.      Printer yang ukuran kecepatanya dinyatakan dengan CPS:
4.      Jenis printer yang bekerja berdasarkan semprotan tinta:
5.      Peranti yang digunakan untuk membuat microfilm:
6.      Jumlah pembayaran piksel per detik pada monitor dikenal dengan istilah:

ISIAN
1.      Monitor bersolusi 800x600 memiliki piksel sebanyak?
2.      Keluaran dari computer dapat dikompakan menjadi softcopy dan?
3.      Contoh peranti yang tidak tergolong softcopy adalah?
4.      Monitor 28dp berarti bahwa jarak antara dua buah piksel sebesar?

URAIAN
1.      Apa perbedaan active matrix dan passive matrix?
2.      Mengapa printer dot matrix masih banyak dipakai walaupun kualitas cetaknya relative tidak bagus?
3.      Apa perbedaan monitor yang menggunakan interlaced noniterlaced?

JAWABAN

PILIHAN BERGANDA
1.      (C). Monitor
2.      (C). Plasma
3.      (B). Printer dot matrix
4.      (C). Printer
5.      (C). Printer In-jet
6.      (A). COM
ISIAN
1.      Memiliki 800 baris dan 600 kolom piksel. Monitor jenis ini dapat menghasilkan 16 juta warna. Lazim pada monitor 14” dan 15”.
2.      Hardcopy.
3.      -Printer
-Plotter
-Computer Output Microfilm (COM)
4.      28/100mm.

URAIAN
1.      Pasive matrix teknologi yang digunakan lebih murah dibandingkan Active matrix. Active matrix menggunakan teknologi Thin Film Transistor (TFT) hasil warna yang diperoleh sebagus CRT,namun teknologinya mahal.
2.      Karena keunggulan printer jenis ini terletak pada kemampuanya untuk mencetak pada kertas rangkap, suatu hal yang tak dapat dilakukan oleh printer jenis lainya.
3.      Interlaced monitor menampilkan informasi dalam layar melalui dua tahapan, sedangkan noninterlaced monitor hanya menggunakan satu tahapan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas bab 7&8