tugas bab 3&4

AKADEMI
MENEJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU
TUGAS INDIVIDU
PERANTI MASUKAN DAN PERANTI
KELUARAN
NAMA :
STEVI ANDRIANI
STANBUK
: 20171013
PEMBIMBING :
ACO LELE, S.KOM.,MM
PROGRAM
DIPLOMA III (D-3)
PERMINATAN
MANAJEMEN PERKANTORAN DAN AKUTANSI KOMPUTER
2017
BAB
1
PERANTI
MASUKAN
PILIHAN
GANDA
1. Yang
tidak tergolong sebagai peranti masukan berbentuk penunjuk:
2. Peranti
masukan yang umum digunakan dalam permainan dengan menggunakan komputer:
3. Peralatan
berbentuk papan yang dapat digunakan untuk membantu pemasukan data peta:
4. Peranti
yang biasa digunakan untuk membaca data berbentuk garis-garis yang umum
terdapat pada barang ditoko-toko swalayan dinamakan:
5. Peranti
yang digunakan untuk membaca data partu kartu cek yang mengandung tinta
magnetic disebut:
6. Peranti
yang dapat membaca jawaban peserta tes yang melingkari bulatan pilihan dengan
pensil 2B disebut:
7. Peranti
yang dapat mengenali teks dalam suatu dokumen disebut:
8. Peranti
yang disebut DTMF:
9. Sistem
yang dapat mengenali suara seseorang:
ISIAN
1. Sidik
jari seseorang dapat dibaca dengan menggunakan peranti?
2. Peranti
penunjuk pada notebook yang berbentuk kotak datar dan pemakai dapat
menggeserkan jari-jarinya ke peranti tersebut untuk memindahkan penunjuk pada
layar dinamakan?
3. Peralatan
berbentuk monitor yang memungkinkan pemilihan tindakan dilakukan dengan cara
menyentukan jari pemakai ke layar dinamakan?
URAIAN
1. Berikan
contoh penggunaan sensor.
2. Sebutkan
peranti masukan yang umum dipakai dalam virtual reality dan jelaskan kegunaan
masing-masing.
3. Bisakah
image scanner digunakan untuk mendapatkan teks yang terkandung dalam suatu buku
sehingga bias diedit dengan pengolah kata semacam Word.
JAWABAN
PILIHAN
GANDA
1. (D).
Touchtone
2. (D).
Joystick
3. (B).
Touch screen
4. (A).
Bar code reader
5. (B).
MICR
6. (C).
OMR
7. (C).
OMR
8. (B).
Touchtone
9. (B).
ASR
ISIAN
1. Fingerprint
reader atau pembaca sidik jari
2. Touchpan
3. Touch
Screen (layar sentuh) adalah peranti penunjuk berupa mpnitor yang dibuat sangat
peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar
dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.
URAIAN
1. Contoh
pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detektor kecepatan laju kendaraan
dijalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan arah angin yang mendadak,
pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga untuk pengontrolan pada
rumah tangga.
2. Virtual
reality yaitu:
-Headset adalaha peranti yang
dipasang pada kepala,menutup mata, yang digunakan untuk menangkap dan mer ekam
gerakan kepala, serta menanyakan berbagai mecam gambar ke mata pemakai.
-Glove berbentuk seperti sa rung tangan digunakan untuk merekam jenis
serta kekuatan gerakan jari dan tangan pemakai.
-Walker digunakan untuk menangkap
dan merekam gerakan kaki, termaksut arah kaki berputar.
-Sensor adalah peranti yang dapat
mengambil data langsung dari lingkungan.
3. Image
scanner atau dikenal dengan sebutan scanner saja, merupakan peranti yang dapat
mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya
kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam tape/disk,
atau diproses menjadi sesuatu dikehendaki pemakai. Sebagai contoh, dengan
perangkat lunak tertentu OmniPage Pro (Caero Corp), hasil scanner dapat diubah
menjadi dokumen dengan format pemroses dengan kata tertentu.
BAB 4
PERANTI KELUARAN
PILIHAN
BERGANDA
1. Yang
tidak termaksut hardcopy:
2. Monitor
yang menggunakan teknologi tabung hampa:
3. Printer
yang ukuran kecepatanya dinyatakan dengan CPS:
4. Jenis
printer yang bekerja berdasarkan semprotan tinta:
5. Peranti
yang digunakan untuk membuat microfilm:
6. Jumlah
pembayaran piksel per detik pada monitor dikenal dengan istilah:
ISIAN
1. Monitor
bersolusi 800x600 memiliki piksel sebanyak?
2. Keluaran
dari computer dapat dikompakan menjadi softcopy dan?
3. Contoh
peranti yang tidak tergolong softcopy adalah?
4. Monitor
28dp berarti bahwa jarak antara dua buah piksel sebesar?
URAIAN
1. Apa
perbedaan active matrix dan passive matrix?
2. Mengapa
printer dot matrix masih banyak dipakai walaupun kualitas cetaknya relative
tidak bagus?
3. Apa
perbedaan monitor yang menggunakan interlaced noniterlaced?
JAWABAN
PILIHAN
BERGANDA
1. (C).
Monitor
2. (C).
Plasma
3. (B).
Printer dot matrix
4. (C).
Printer
5. (C).
Printer In-jet
6. (A).
COM
ISIAN
1. Memiliki
800 baris dan 600 kolom piksel. Monitor jenis ini dapat menghasilkan 16 juta
warna. Lazim pada monitor 14” dan 15”.
2. Hardcopy.
3. -Printer
-Plotter
-Computer Output Microfilm (COM)
4. 28/100mm.
URAIAN
1. Pasive
matrix teknologi yang digunakan lebih murah dibandingkan Active matrix. Active
matrix menggunakan teknologi Thin Film Transistor (TFT) hasil warna yang
diperoleh sebagus CRT,namun teknologinya mahal.
2. Karena
keunggulan printer jenis ini terletak pada kemampuanya untuk mencetak pada
kertas rangkap, suatu hal yang tak dapat dilakukan oleh printer jenis lainya.
3. Interlaced
monitor menampilkan informasi dalam layar melalui dua tahapan, sedangkan noninterlaced
monitor hanya menggunakan satu tahapan.
Komentar
Posting Komentar